[Lengkap] Cara Ganti Latar belakang Foto Tanpa Ribet Pakai Ponsel

Bicara tentang keperluan administrasi biasanya kamu membutuhkan pas foto, tapi pastinya bakalan ribet jika harus ke studio, ngantri untuk sesi foto, belum lagi biayanya yang cukup mahal.

Ngomong-ngomong tentang administrasi, seminggu yang lalu penjual bakso dan mahasiswa dekat rumah saya sibuk daftar menjadi cpns, namun banyak yang menunda  gara-gara pas foto mereka tidak ada.

Bukan hanya yang mau daftar cpns saja yang memiliki masalah serupa, anak mahasiswa pun jika berurusan dengan administrasi kalau bukan pas fotonya tidak ada ya fotonya salah warna latar.

Belum lagi masalah lain tempat percetakan yang menyediaan jasa edit foto biasanya rame, deadline pengumpulan udah besok, pintar photoshop juga engga, duit juga ga ada..

Tapi sekarang gausah pusing lagi, berbekal ponsel dan koneksi internet kamu sudah bisa ganti latar belakang foto kamu dengan mudah, cepat dan tanpa di pungut biaya alias gratis.

Berikut saya akan ulas secara lengkap, mulai pengambilan gambar beserta tipsnya hingga cara mengganti latar belakang/background foto tanpa ribet menggunakan ponsel android

#Tahap 1 : Pengambilan Gambar

oke, langkah pertama...

1. Sediakan Ponsel kamu, hp apa saja selama kameranya baik, kalau kamera hp kamu buruk bisa pinjam kamera teman kamu yang punya resolusi baik.

makin jernih hasil foto kamu, makin bagus pula hasilnya...

2. langkah selanjutnya sebelum melakukan pengambilan gambar perhatikan pencahayaan, usahakan tidak terdapat bayangan pada wajah, tidak ada sisi gelap pada wajah ataupun baju kalian.

hindari penggunaan blitz ponsel dalam kondisi minim cahaya...

kamu bisa mengambil gambar di ruangan dengan pencahayaan terbuka misalnya ruangan memiliki jendela, teras rumah, atau tempat yang ber-atap (kanopi) untuk  menghindari cahaya langsung dari matahari, agar cahaya tidak terlalu kontras.

dan usahakan tidak menggunakan filter kamera, atau menaikkan pencahayaan pada fitur kamera, agar tidak mengurangi kualitas gambar nantinya.

3. Lakukan pemotretan dengan tipe shot Mid Shot (Medium Shot) atau Medium Close Up.


Mid Shot


Medium Close Up

Biar senyum kamu terlihat natural coba tarik nafas dalam-dalam lalu kembangkan senyum kamu seiring keluarnya nafas.

4. Pilih Foto terbaik, jika merasa kurang perfect kamu bisa edit dengan menaikan dan menurunkan kontras dan brightness, dan bermain pada saturasi. cukup itu saja.

Kamu juga bisa mengatur curve menggunakan aplikasi Snapseed, Gratis di Playstore

Selain Snapseed kamu bisa menggunakan aplikasi VSCO, PicsArt, Adobe Lightroom, Afterlight. dan lainnya

5. Proses pemotretan selesai

#Tahap 2 : Cara Mengganti Latar/Background Pas Foto Merah/Biru di Ponsel

Pada tahap ini caranya cukup mudah, cara menghilangkan latar/background dan mengganti backround sudah sepaket, tidak seperti photoshop musti seleksi sana sini, belum lagi rambut yang musti diseleksi sudah makan waktu berjam-jam.

Kalau kamu berpikir ini menggunakan aplikasi, kamu betul, tapi gausah khawatir kamu ga perlu menginstal aplikasi ini, cukup modal web browser saja kamu sudah bisa menggunakannya.

baik kita mulai...

1. Silahkan kunjungi situs Remove.bg, Kamu bisa membuat akun dan bisa juga tidak. Apa perbedaanya?


Jika kamu membuat akun, untuk pertama kali kamu akan diberikan 1 kredit untuk sekali pakai, untuk apa? kredit tersebut kamu bisa gunakan untuk mengunduhf Full Image dengan Resolusi tinggi.

Namun sebaliknya jika tidak membuat akun kamu bisa menghapus latar/background namun hanya bisa mengunduh versi Preview Image saja dengan resolusi rendah.

Tergantung dari pilihan kamu... saya sarankan untuk membuat akun, agar bisa mendapatkan file beresolusi tinggi,  lanjut...

1. Buka Menu di sebelah logo Remove bg lalu klik Login/Sign Up,
2. Pindah ke bagian Sign Up lalu masukan email, dan buat password kamu
3. Buka email kamu dan cari email dari remove.bg yang berisi link verifikasi akun
4. Kemudian login.

2. Kemudian klik Upload Image, pilih foto yang telah kamu edit sebelumnya lalu tunggu proses uploading selesai.

3. Lalu kamu akan melihat background foto kamu sudah hilang, selanjutnya klik edit.


jika kamu memiliki kredit, klik edit pada bagian Full Image lalu klik edit lagi. jika tidak klik edit pada bagian preview image saja.

4. Geser ke bawah sampai kamu melihat Panel Warna lalu klik, pada panel warna pilih warna merah/biru.


kamu juga bisa memasukan kode warna pada kolom HEX dengan kode ini #c41824 dan #3f51b5. jangan lupa menekan enter/buka, warna tersebut adalah yang sama dengan latar belakang studio foto.

Lalu Klik OK

5. Setelah Latar Foto telah terganti, foto telah siap untuk di unduh. Klik simbol Download di sudut kanan atas lalu Klik "Download Image"


6. Langkah Terakhir Crop Foto yang telah kamu unduh.

Untuk proses pemotongan kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan hp kamu, bisa juga menggunakan aplikasi lain.
  • Bagian kiri dan kanan usahakan memotong hingga ujung pundak
  • Jarak kepala dari atas tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat
  • Bagian bawah kalian bisa potong hingga di bawah dada


Jika kalian tidak ingin repot untuk bagian pemotongan. kalian bisa bawa foto kalian ke tempat cetak, lalu kamu bisa meminta tolong kepada karyawannya untuk memotongnya.

Itulah cara mengubah latar belakang foto tanpa ribet menggunakan ponsel, selanjutnya saya akan mengulas cara memperbesar resolusi gambar tanpa ribet, dimana artikel tersebut berhubungan dengan artikel ini. Mengapa?

Karena, kredit yang diberikan removebg hanya satu, jadi kamu hanya bisa mengunduh foto dengan resolusi rendah saja, nah maka dari itu saya memberikan satu cara agar foto kamu tersebut dapat menjadi resolusi tinggi.

Oke sekian dari artikel ini, tunggu artikel selanjutnya.